en id

Berita

KUNJUNGAN DUTA BANDARA DALAM PEMBUKAAN ERAU ADAT KUTAI INTERNATIONAL FOLK ART FESTIVAL (EIFAF) KE IV TAHUN 2016

22 Aug 2016

kembali ke list


Balikpapan (21/8) - Dalam rangka memperkenalkan dan mendukung pariwisata di Kalimantan Timur, Manajemen PT. Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara SAMS Sepinggan - Balikpapan melakukan kunjungan ke Tenggarong, Kutai Kartanegara bersama Duta Bandara SAMS Sepinggan - Balikpapan untuk turut hadir dalam Pembukaan Erau Adat Kutai International Folks Art Festival (EIFAF) ke IV Tahun 2016.

Erau adalah sebuah tradisi budaya Indonesia yang dilaksanakan setiap tahun dengan pusat kegiatan di kota Tenggarong, Kutai Kartangera, Kalimantan Timur. Erau berasal dari bahasa Kutai, eroh yang artinya ramai,riuh, ribut, suasana yang penuh sukacita. Suasana yang ramai, riuh rendah suaratersebut dalam arti: banyaknya kegiatan sekelompok orang yang mempunyai hajatdan mengandung makna baik bersifat sakral, ritual, maupun hiburan.

Pembukaan Erau Adat Kutai International Folk Art Festival dimulai dengan Pawai Kirab Budaya pukul 08.30 WITA, yang diikuti delegasi dari 10 negara termasuk Indonesia. Pawai Kirab Budaya dimulai dari halaman Sekretariat Gerbang Raja Timbau dan finish di Kedaton Kesultanan Kutai Kartanegara. Dimana Duta Bandara terjun langsung dalam rangkaian acara Erau Adat Kutai International Folks Art Festival dan berbincang langsung juga saling bertukar informasi kepada para peserta yang meramaikan acara tersebut.

Kemudian acara dilanjutkan dengan mengunjungi tempat wisata yaitu Pulau Kumala, yang jaraknya dapat ditempuh dengan jalan kaki melalui jembatan yang baru dibangun oleh Pemda setempat.

Keesokan harinya Manajemen PT. Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara SAMS Sepinggan beserta Duta Bandara berkesempatan hadir dalam acara Mendirikan Tiang Ayu, dimana Mendirikan Tiang Ayu merupakan tanda dimulainya Pesta Erau Adat Kutai Pelas Benua 2016 di Ruang Keraton Kesultanan Kutai Kartanegara, Museum Mulawarman Tenggarong.